Follow by Email

Tanah Air

my team

TAMOE

10 November 2015 (Terimakasih)

9 Nov 2015

selasa 10 november 2015, aku pemuda harapan bangsa, asal tidak capek saja mengharapkanku, pagi ini instansiku, kami melaksanakan upacara bendera, tak lama sekitar 45 menitan. Kalian upacara? saya harap ia walaupun hanya di dalam hati saja, sejarah mencatatat ketika soerabaja waktu itu di ultimatum untuk menyerah, aku lengkap dengan masalaluku terduduk lagi didepan kursi kerja dan sekarang berusia sekitar 24 tahun, single (beneran baru putus bulan kemarin), hanya beberapa lalat yang berusaha menggodaku dan menemaniku, baru juga sebentar nulis sudah pukul setengah dua belas kurang lima, sudah aku berhenti dulu, mau antri wudhu biar gag telat jamaah, sepertinya aku disini di instansiku rada berubah kearah ketuhanan, selain memberikanku upah setiap bulannya sebagai rezekiku dari Tuhan, dulu jarang sekali aku jamaah, lebih sering sendiri kemana-mana sendiri, sampai bersihin idung sendiri :). udah dulu ya... nanti lagi.. see a

manusia jadi-jadian

19 Okt 2015



pagi  ini selasa 20 oktober 2015 ketika tidak ada satupun rantai pekerjaaan membelengguku, aku mulai mengotak atik memori yang sudah lama tenggelam dalam ingatan, kuselami lebih dalam, mencoba mengingat-ingat bebrapa memori yang pernah kurekam ketika aku berkunjung ke beberapa tempat di Magelang, Pertama-tama ketika aku mendapat tugas mendampingi tim majalah sekolah  menyusuri dekap-dekap candi Borobudur, panas sekali waktu itu sejumlah rombongan dengan sengaja berteduh dibawah pohon kelapa disekitar pelataran parkir. aku yang memegang senapan gambar,,,  sejenis lensa yang bisa menangkap saturasi, setelah aku memakan hidangan makan siangku au menemukan satu enggle yang dapat menangkap manusia topi, yah manusia topi serupa topi, setelah benar-benar kupastikan au mengambil momen itu. Manusia Topi, aku menyebutnya adalah manusia rupa-rupa topi, dari topnya sendiri sampai beberapa topi yang aku sendiri baru melihat bentuknya. ingin ku sapa dirinya, misalnya seperti ini. "buk, topinya ada berapa?", tapi hatiku tiba-tiba menghentikan pikiran dari otakku, karena aku ingat waktu itu saat aku duduk di bangku gedung C Fakultas ilmu sosial, mata kuliah antro gender membahas tentang doble borden perempuan di negara dunia ke tiga, bagaimana perempuan harus meambah jam kerjanya ketika suami tidakah cuup menanggung semuanya secara materi, pada akhirnya mereka rela sebagai Konco wingking sekaligus mencari koin rupiah untuk sekedar membeli beras, setelah hatiku menjelaskan secara lebih detail, pikirankupun terhenti dengan sengaja. Manusia topi, bisa kau jumpai sendiri, belum kutelti belum aku menamati, aku hanya sekedar mencuri arti, silahkan artikan sendiri.
selanjutnya ketika ak erkunjung ketempat teman lama, dekat dengan sekolahanku  dulu, SMA N 1 Bandongan, aku mengampiri keramaian yang sebenarnya tak asing bagiku, karena dari dahulu Bangsawan Jawa sebagian besar memiliki hobi eksklusif, salah satunya menjadi Manusia Burung. begitulah aku menyebutnya, dalam beberapa dekade burung dari berbagai jenis menjadi obyek perhatian mereka, dari unsur kesukaan terhadap bulu, kicau sampai mitos yang melatar belakanginya, kenapa aku menyebutnya manusia burung?, munggkin hanya sedikit yang bisa aku terjemahkan, selain aku tak pandai merawat burung, aku juga tak mengenalnya secara spesifik, Para manusia burung rela mencurahkan waktu dan hatinya, semaam sayang pada sesuatu secara berlebihan, misalnya, untuk membeli sangkar saja mereka rela untuk menyepadankan dengan harga burung yang mereka miliki, dari sini bisa dilihat kualitas yang mereka jaga,

#bersambung
#blokosuto



Mantra Sakti Kurtilas

17 Des 2014

Siang ini 18 Desember 2014, dalam sebuah ruangan kecil berbentuk persegi panjang, beberapa orang bijak sedang bekerja menyelesaikan langkah sebuah sistem pencetak nilai, hal ini dimulai ketika kurikulum mulai d gulirkan dari atas singgasana menuju kebawah dengan kecepatan maksimal, aku duduk di sini  mengawasi dengan seksama dari sebelah bangku penuh musik dan perhitungan.

Rasa curigaku mulai muncul ketika kotak ajaib di dengungkan, ada beberapa pasang mata an mulai menelsik kedalam relung hatinya, inikah jalan nilai yang begitu rumit dan menghasilkan insan cendekia?bukan berarti mereka apatis, apa lagi pesimis. Mereka selalu optimis menghadpi semua kebijakan, tak terkecuali kurtilas yang menyanyi riang di bawah kata "ikhlas beramal", tak berhenti sampai disitu kawan, hal ini berkembang ke mantra-mantra magis penuh arti yang timbul ketika sebelum dan kurtias berjalan.

Dua mantra tersebut adalah "Ngaji" dan "dzikir", mantra pertama yaitu ngaji, dalam bahasa Indonesia berarrti menuntut ilmu dalam bidang agama, namun dalam kesempatan ini ada beberapa perbedaan yang mencolok, ngaji diartikan seagai Nga=ngarang- ji=biji, ngaji berarti digunakan sebagai simbol untuk beberapa orang bijak yang kebetulan sudah menguasai kurtilas menyelesaikan pekerjaan mereka. Mantra selanjutnya adalah dzikir, secara istilah artinya mengingat Tuhan, hampir sama dengan mantra yang pertama ini berbelok arti menjadi 'dikir'=dikiro-kiro, dalam Bahasa Indonesia = diperkirakan. 

dan aku ingin pergi, dari pada aku kena mantra!!

#blokosuto

Kitab Suci yang belum terisi..

21 Nov 2014


siang ini gais, sabtu 22 november 2014. aku ada waktu luang menulis baris-baris pendek dari meja seorang pemuda ingusan berbadan subur, yah itu mejaku sendiri, sambil mendengarkan ceramah dari kyai asal Bojonegoro jawa timur aku memulai cerita ini. pagi tadi jam pertama di kelas XI IPS 6 aku menemukan sedikit kerinduanku membaca kitab suciku, yang sedari lama aku meninggalkannya. Seorang anak berpakaian rapi dan tak tampak muka dari anak muda pedesaan, malu-malu dia memasuki ruangan kelas, dengan mengenakan seragam pramuka lengkap dia tertunduk telat. Setelah semuanya di mulai dengan doa aku mengamatinya dari bangku seorang pengajar, dengan seksama dia mulai salah tingkah, anak laki-laki itu kemudian kusuruh mengulangi berdoa, tanpa sengaja aku menemukannya tak lancar mengucapkan kata-kata Timur Tengah itu. setelah kusuruh maju kutanyainya pelan-pelan. "kenapa nak,?(tanyaku menyelidik). "saya berhenti mengaji pak, baru juga 3 juz saya khatam"(matanya berkaca-kaca). Ibu saya sudah keberatan membayar SPP waktu itu dan tak bisa lagi membayar untuk saya mengaji (air dari kelopak matanya tak berhenti menetes). akhirnya aku tak tega melihatnya berdiri terlalu lama. Aslinya aku masih malu dengan bekal ilmu agamaku, sedang pun belum apalagi tinggi. Tuhan ijinkan aku bersemi bersamamu menjadikan anak-anak baruku lebih mengenal ayat-ayatmu. Amin

MAN 1 Kabupaten Magelang "instansi baru ku"

20 Okt 2014

Jalan Sunan Bonang Magelang
XI IPS 1
acreditation
Buka bersama GTT
Buka bersama GTT
ceremony
sikap siap
mengo
halal bi halal
padus
ketua osis (pegang mik)2013-2014
brandal popies
twins brother
depan akmil
ngarep golfan
mengikat kebersamaaan
play boy
kerolasan
api unggun
hangat
outsider #Man1kabMagelang
plonco
rempong
snap shot
cool anak muda.

KKN Alternatif pragulo pati 1

15 Mei 2013

 KKN STICKER
PAPAN PENUNJUK ALA KADARNYA
 KADANG KEGELAPAN SELALU MENYELIMUTI KEGIATAN KAMI

DENGERIN KAKA YA ADEK2
 MERDEKAA!!!!
 JANGAN LUPAIN KAMI KK
 STEVE G MAIN BETENGAN SAMA MASCHERANO,,PERMAINAN TRADISIONAL KITA
JANGAN DORONG2AN DEK NANTI JATOH
 CIEE YANG MENANG,,,BUAT YANG POJOK  JANGAN SEDIH YAH,,TAUN DEPAN IKUT LAGI,,,,(SAMPING KAK RIAN)
DEK KAKA BOLEH NAIK??
 NENEK IKUT SENAM,,,AKU CUMA BISA KASI JEMPOL..(LIKE)
WALAUPUN NANAM POHONNYA KEBALIK SEMOGA BERMANFAAT..
JEPRETAN ANE GAN,,BAGUS GA?
TETUA GAN,,,SSST,,,JDOEL STYLE...

Rokok Bagi kehidupan

14 Mei 2013

hai..anak gaul,,,kalian merokok?banyak sekali orang yang merokok,,sampai ane gak mau ngitung,,soalnya ane juga ngrokok...menurut ane merokok itu pilihan sob,,gak usah terlalu dipikirin masalah penyakit,,toh yang nentuin mati kan yang di atas,,,tapi lebih baik ga ngrokok sih menurutku,,dari pada bera di ongkos,,,haha,....

ane dah pernah mbaca tulisan kaya yang ane pos,,,nih,,sedikit menggelitik tapi yah jadi gak ngrokok jadinya,,soalnya gmna mau ngrokok kalo asapnya di telan,,,mati dah kita,,,walaupun yang nentuin yang di atas,,,...

gene ghan ...ini cuma tips,,kecil,,buat brotherhood yang suka menghisap racun,,,
pertama...jangan sering2 ngrokok,,pas acara penting aja,,apa lagi nemenin begadang,,soalnya kadang kebiasaan rokok di hisap di manapaun kapanpun acara apapun,,hehe,,cuma pengalaman
selanjutnya,,,imbangi dengan olah raga,,biar bisa ngrokok terus,,bayangkan aja,,kita ngrokok terus,,tanpa olah raga,,,cepeet banget ausnya paru2,,kaya mesin motor,,,di pake terus tanpa di bersihkan sesekali,,ntar juga rusaknya cepet...
yang ketiga,,kalo yang gak pengen kecanduan,,,alihkan pendanaan anda untuk amal,,soo,,ada  penghasilan unrtuk akhirat bro,,,ya nggak,,,????!!!!

ini ada sejarahnya,,...di lihat saja http://id.wikipedia.org/wiki/Kretek

perjalanan kebarat mencari kitab cinta

7 Jan 2013

aku mulai perjalananku bersama teman-teman kosku,,mereka juga sahabat dekatku ...aku terinspirasi film perahu kertas,,,sampai akhirnya aku punya ide untuk menjeajahi,,jalan pantura untuk sampai rumahnya,,,satu temanku yang bernama nino(bukan nama asli) juga tertarik dengan ide itu dan memutuskan aan pergi bersama..tak selang satu jam sahabt dari temanku dan juga sahabatku profesor kopi juga ingin turut serta (juga bukan nama asli) dia punya janji untuk berkunjung kerumah aan trisnanndi(nama asli kalo ni)...aku imgat betul hanya berbekal bekal seadaanya+rokok pastinya kami melaju hari itu..saat cuaca cerah dan penuh semangat...kami dari semarang bertiga pakai dua motor kalo tiga d anggap lebai,,,tancapgas tanpa tau tepatmya ... prof kopi sebagai pengawal cinta,,siap sedia,,mengenban tugas beratnya..melaju di belakang kami sambil nyalip beberapa kali..aku pake motor metik dia pake motor megic,,foto di atas saat kami sampai di alun2 pekalongan..hal yang baru bagiku,,,belum pernah aku sampai kesana...di selingi tawa dan rokok kamipun beristirahat,,sambilmengecek kebugaran jasmani dan rohani,,,dan yang pentingalamat lengkap yang kami tuju,,setelah mengamtongi semua itu,,tiga raider ini melaju kembali..melewati asapkenalpot pennggu pantura,,dari yang kecil sampai yang tak dapat di salip,,entah apa yang ada di benakku..hanya untuk pelangi bulan aku sampai seperti itu,,,sampailah kami ditujuan pertama rumah pelangi bulan(bukan nama asli),,sangat senang sekaliaku,,sampai aku lupa..tak pernah aku berjalan..sejauh itu,,dia yang selalu kurindukan ada di depan mataku,,tak perlu air mata,,hanya bahagia,,singkat cerita itu tak bertahan lama..hanya butuh beberapa menit saja,,aku hancur tak terkira..sudah,,aku tak menyesalinya,,,hanya sakit sementara,,karena dia bersamanya,,tak perlu rangkaian kata aku pergi emenuju rumah sahabatku,,aan trisnandi...ternyata jah uga,,,d bawah bukit2 kali gua rumahnya...disana ada kebun teh,,,ada juga...tempat bersukaria kaum penjajah lama,,goa jepang namanya,,,sedikt ku lupakan kehancuranku..sedikit demi sedikit aku ilang dalam tawa senyum dan keramahan keluarganya...akutakkakan melupaakaknnya....setelah dari sana kami bergegas melaju di tepian sungai,,untuk sampai,,,perbatasan jateng dan jabar..losarui namanya,,untuk itu tujuan terakhir kami mempertemukan,,,nino dan tc(nama samaran),,meresasangat mesra,,kami bahagi melihatnya..setelah itu kam beranjak pulang kembali kekandang cempe,,kos kami tercinta,,

 profesor kopi + aku@slawi,tegal
 profesor kopi+nino@slawi,tegal
 aku@warungsatelebaksiu,tegal
 nino@warungsatelebaksiu,tegal
 profkopi@warungsatelebaksiu,tegal
 aku@pombensinadygadarusanya
 @dapurrumah aan
aan trisnandi