Follow by Email

Tanah Air

my team

TAMOE

Rpp kelas 1 semester ganjil

4 Jan 2012



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 
Mata Pelajaran              : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan         : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester             : X / Ganjil
Alokasi waktu               : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi    : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar     : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai Ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dengan lingkungannya
Indikator             :
1. Sejarah lahirnya sosiologi
2. Perkembangan sosiologi
3. Metode sosiologi
4. Fungsi dan objek sosiologi
I. Tujuan Pembelajaran     : Siswa dapat menjelaskan sejarah lahirnya, perkembangan, metode, fungsi dan objek sosiologi
II. Materi Pembelajaran     : Sosiologi sebagai ilmu
III. Metode Pembelajaran     : Studi pustaka dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran
A Pendahuluan     : 10 mnt

  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
B Kegiatan Inti     : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang sejarah singkat, perkembangan, metode, fungsi, dan objek sosiologi
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Membuat ringkasan tentang sejarah singkat , perkembangan, metode, fungsi, dan objek sosiologi
C Kegiatan Akhir     : 10 mnt

Penutup

  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk buku tugas
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Tugas dan penskoran penilaian (terlampir)



Mengetahui,                                                Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah                 Guru Mata Pelajaran



Drs. SYATBI TAHMID, MM.                 SUKHAMDIYAH, S.Pd.

NIP. 19581201 198403 1 012                 NIP. 19541208 197903


 

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi    : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar     : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai Ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dengan lingkungannya
Indikator                      : Contoh masalah yang terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat, Metode yang tepat dalam pemecahan masalah
I. Tujuan Pembelajaran     : Siswa dapat menemukan atau memberikan suatu contoh masalah di dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat menggunakan metode yang tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut
II. Materi Pembelajaran        : Metode sosiologi
III. Metode Pembelajaran     : Studi pustaka, diskusi dan tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran         : 10 mnt

A Pendahuluan

  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
B Kegiatan Inti             : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang contoh suatu masalah serta metode yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya yang belum dipahami
  • Guru membagi siswa menjadi delapan kelompok, tiap kelompok terdiri dari empat siswa
  • Masing masing kelompok berdiskusi
  • Guru mengawasi jalannya diskusi dengan memberi bimbingan
  • Setelah selesai perwakilan kelompok presentasi di depan kelas
  • Guru mengawasi jalannya presentasi
C Kegiatan Akhir         : 10 mnt

Penutup

  • Pemantapan oleh guru bila diperlukan
  • Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Penilaian hasil diskusi dan presentasi







Mengetahui,                                              Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah             Guru Mata Pelajaran





Drs. SYATBI TAHMID, MM.                 SUKHAMDIYAH, S.Pd.

NIP. 19581201 198403 1 012                 NIP. 19541208 197903 2 004



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi    : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar     : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai Ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dengan lingkungannya
Indikator                      : Masyarakat sebagai sistem sosial Dinamika sosial
I. Tujuan Pembelajaran     : Siswa dapat merepresentasikan realita sosial yang terjadi dalam kehidupan manusia bermasyarakat
II. Materi Pembelajaran        : Realita sosial
III. Metode Pembelajaran     : Studi pustaka dan tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran

A Pendahuluan     : 10 mnt

  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
B Kegiatan Inti     : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang realita sosial
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Membuat ringkasan tentang realita sosial
C Kegiatan Akhir : 10 mnt

Penutup

  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

Hasil tugas

2. Penilaian Hasil Belajar







Mengetahui,                                              Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah             Guru Mata Pelajaran





Drs. SYATBI TAHMID, MM.                 SUKHAMDIYAH, S.Pd.

NIP. 19581201 198403 1 012                 NIP. 19541208 197903 2 004







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi   : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar       : Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Indikator             :
  1. Pengertian nilai sosial
  2. Ciri-ciri nilai sosial
  3. Klasifikasi nilai sosial
  4. Peran nilai sosial
I. Tujuan Pembelajaran        : Siswa dapat menjelaskan pengertian, ciri-ciri, dan peran nilai sosial ,Siswa dapat mengklasifikasikan nilai sosial
II. Materi Pembelajaran         : Nilai sosial
III. Metode Pembelajaran      : Studi pustaka dan tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran
A Pendahuluan     : 10 mnt

  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
B Kegiatan Inti          : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang nilai sosial
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Membuat ringkasan tentang nilai sosial
C Kegiatan Akhir     : 10 mnt

Penutup

  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk buku tugas
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Tugas dan penskoran penilaian (terlampir)





Mengetahui,                                              Kotagajah, 12 Juli 2010
Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah             Guru Mata Pelajaran

 

 
Drs. SYATBI TAHMID, MM.                 SUKHAMDIYAH, S.Pd.
NIP. 19581201 198403 1 012                 NIP. 19541208 197903 2 004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi    : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar        : Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Indikator                      :
  1. Pengertian norma sosial
  2. Ciri-ciri norma sosial
  3. Klasifikasi norma sosial
I. Tujuan Pembelajaran        : Siswa dapat menjelaskan pengertian dan ciri-ciri norma sosial Siswa dapat mengklasifikasikan norma sosial
II. Materi Pembelajaran         : Norma sosial
III. Metode Pembelajaran      : Studi pustaka dan tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran
A Pendahuluan     : 10 mnt

  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
B Kegiatan Inti         : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang norma sosial
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Membuat ringkasan tentang norma sosial
C Kegiatan Akhir     : 10 nmt

Penutup

  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk buku tugas
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Tugas dan penskoran penilaian (terlampir)







Mengetahui,                                              Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah             Guru Mata Pelajaran



Drs. SYATBI TAHMID, MM.                 SUKHAMDIYAH, S.Pd.

NIP. 19581201 198403 1 012                 NIP. 19541208 197903 2 004







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi    : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar        : Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Indikator                       :
  1. Perbedaan nilai dan norma sosial
  2. Contoh pelanggaran nilai dan norma sosial
I. Tujuan Pembelajaran      : Siswa dapat membedakan nilai dan norma sosial Siswa dapat memberikan contoh pelanggaran terhadap nilai dan norma sosial serta solusinya
II. Materi Pembelajaran        : Nilai dan norma sosial
III. Metode Pembelajaran     : Studi pustaka dan tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran
A Pendahuluan     : 10 mnt

  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
B Kegiatan Inti         : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang nilai dan norma sosial
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Mengerjakan soal-soal yang tersedia mengenai nilai dan norma sosial
C Kegiatan Akhir    : 10 mnt

Penutup

  • Siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk buku tugas
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Soal dan pedoman penskoran (terlampir)







Mengetahui,                                               Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah              Guru Mata Pelajaran







Drs. SYATBI TAHMID, MM.                 SUKHAMDIYAH, S.Pd.

NIP. 19581201 198403 1 012                 NIP. 19541208 197903 2 004






 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi   : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar      : Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pembangunan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator                    : 
  1. Pengertian interaksi sosial
  2. Syarat terjadinya interaksi sosial
  3. Faktor pendorong terjadinya interaksi sosial
I. Tujuan Pembelajaran         : Siswa dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan syarat dan faktor pendorong terjadinya interaksi sosial
II. Materi Pembelajaran        : Hakikat interaksi sosial
III. Metode Pembelajaran     : Studi pustaka dan tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran
A Pendahuluan     : 10 mnt

  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
B Kegiatan Inti         : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang hakikat interaksi sosial
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Mengerjakan soal-soal yang tersedia mengenai hakikat interaksi sosial
C Kegiatan Akhir     : 10 mnt

Penutup

  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk buku tugas
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Memberikan pertanyaan secara lisan (soal terlampir)



Mengetahui,                                              Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah             Guru Mata Pelajaran







Drs. SYATBI TAHMID, MM.                 SUKHAMDIYAH, S.Pd.

NIP. 19581201 198403 1 012                 NIP. 19541208 197903 2 004


 

 

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi   : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar      : Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pembangunan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator                     : Proses asosiatif dalam interaksi sosial
I. Tujuan Pembelajaran         : Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif ,Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk dan memberi contoh interaksi sosial yang bersifat asosiatif
II. Materi Pembelajaran         : Bentuk-bentuk interaksi sosial
III. Metode Pembelajaran     : Studi pustaka dan tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran
A Pendahuluan     : 10 mnt

  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
B Kegiatan Inti         : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang bentuk interaksi sosial secara asosiatif
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Mengerjakan soal-soal yang tersedia mengenai bentuk interaksi sosial secara asosiatif
C Kegiatan Akhir     : 10 mnt

Penutup

  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk buku tugas
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Soal dan penskoran penilaian (terlampir)





Mengetahui,                                              Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah             Guru Mata Pelajaran









Drs. SYATBI TAHMID, MM.                 SUKHAMDIYAH, S.Pd.

NIP. 19581201 198403 1 012              NIP. 19541208 197903 2 004





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi   : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar      : Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pembangunan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator                    : Proses dissosiatif dalam interaksi sosial
I. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial yang bersifatdissosiatif, Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk dan memberi contoh interaksi sosial yang bersifat dissosiatif
II. Materi Pembelajaran      : Bentuk-bentuk interaksi sosial
III. Metode Pembelajaran   : Studi pustaka dan tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran
A Pendahuluan     : 10 mnt

  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
B Kegiatan Inti         : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang bentuk interaksi sosial secara dissosiatif
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Mengerjakan soal-soal yang tersedia mengenai bentuk interaksi sosial secara dissosiatif
C Kegiatan Akhir     : 10 mnt

Penutup

  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk buku tugas
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Soal dan penskoran penilaian (terlampir)





Mengetahui,                                              Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah             Guru Mata Pelajaran







Drs. SYATBI TAHMID, MM.                 SUKHAMDIYAH, S.Pd.

NIP. 19581201 198403 1 012                 NIP. 19541208 197903 2 004






 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi    : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar       : Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Indikator                      :
  1. Pengertian status dan peranan sosial
  2. Macam-macam status sosial dalam masyarakat
  3. Contoh konflik status dan konflik peran dalam masyarakat
I. Tujuan Pembelajaran         : Siswa dapat menjelaskan pengertian status dan peranan sosial , Siswa dapat menyebutkan macam-macam status sosial serta contoh , konflik status dan konflik peran dalam masyarakat
II. Materi Pembelajaran         : Status, peran dan hubungan individu dalam interaksi sosial
III. Metode Pembelajaran      : Studi pustaka dan tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran
A Pendahuluan     : 10 mnt

  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
B Kegiatan Inti         : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang status dan peranan
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Membuat ringkasan tentang status dan peranan
C Kegiatan Akhir     : 10 nmt

Penutup

  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk buku tugas
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Tugas dan penskoran penilaian (terlampir)



Mengetahui,                                                  Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah                 Guru Mata Pelajaran







Drs. SYATBI TAHMID, MM.                     SUKHAMDIYAH, S.Pd.

NIP. 19581201 198403 1 012                     NIP. 19541208 197903 2 004






 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi     : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
Kompetensi Dasar        : Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
Indikator                      :
  1. Pengertian sosialisasi
  2. Agen-agen dalam proses sosialisasi
I. Tujuan Pembelajaran        : Siswa dapat mendefinisikan pengertian sosialisasi, Siswa dapat menyebutkan agen-agen dalam proses sosialisasi, Siswa dapat menjelaskan agen-agen dalam proses sosialisasi
II. Materi Pembelajaran        : Proses sosialisasi
III. Metode Pembelajaran     : Diskusi, tanya jawab, dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Pembelajaran
A Pendahuluan     : 10 mnt

  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
B Kegiatan Inti     : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang pengertian dan agen-agen sosialisasi
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Membuat ringkasan tentang pengertian dan agen-agen sosialisasi
C Kegiatan Akhir     : 10 mnt

Penutup

  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk buku tugas
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Tes lisan (soal terlampir)







Mengetahui,                                              Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah             Guru Mata Pelajaran







Drs. SYATBI TAHMID, MM.             SUKHAMDIYAH, S.Pd

NIP. 19581201 198403 1 012             NIP. 19541208 197903 2 004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi     : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
Kompetensi Dasar        : Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
Indikator                      : Faktor-faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi
I. Tujuan Pembelajaran        : Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses Sosialisasi, Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi
II. Materi Pembelajaran        : Faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi
III. Metode Pembelajaran     : Diskusi, tanya jawab, dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Pembelajaran
A Pendahuluan     : 10 mnt

  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
B Kegiatan Inti         : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Membuat ringkasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi
C Kegiatan Akhir     : 10 mnt

Penutup

  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk buku tugas
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Tes lisan (soal terlampir)







Mengetahui,                                              Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah             Guru Mata Pelajaran







Drs. SYATBI TAHMID, MM.             SUKHAMDIYAH, S.Pd

NIP. 19581201 198403 1 012             NIP. 19541208 197903 2 004







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran             : SOSIOLOGI
Satuan pendidikan        : SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas/Semester            : X / Ganjil
Alokasi waktu              : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi     : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
Kompetensi Dasar        : Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
Indikator                      : Jenis-jenis / tipe-tipe sosialisasi
I. Tujuan Pembelajaran       : Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis / tipe-tipe sosialisasi , Siswa memberi contoh jenis-jenis / tipe-tipe sosialisasi
II. Materi Pembelajaran        : Jenis-jenis / tipe-tipe sosialisasi
III. Metode Pembelajaran     : Diskusi, tanya jawab dan tugas individu
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
A Pendahuluan     : 10 mnt
  • Berdo'a
  • Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
  • Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari
B Kegiatan Inti          : 70 mnt

  • Memberikan gambaran ringkas / intisari tentang jenis/tipe sosialisasi
  • Memberikan kesempatan pada siswa bertanya tentang apa yang belum dipahami
  • Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan
  • Menunjuk satu atau lebih siswa untuk menyampaikan kembali mengenai materi yang telah dibahas
  • Membuat ringkasan tentang jenis/tipe sosialisasi
C Kegiatan Akhir     : 10 mnt

Penutup

  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk buku tugas
V. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Pengantar sosiologi, Soerjono Soekanto
  • Sosiologi kelas X, Kun Maryati dan Juju Suryawati, ESIS
  • Sosiologi Bilingual X, M. Taupan, Yrama Widya
  • Sosiologi X, Idianto Muin, Erlangga
  • Theory and Application of Sociology 1, Nurseno, Bilingual
  • Sosiologi X, Saniyanti Nurmuharimah, Titian Ilmu Bandung
  • Sosiologi X, Vina Dwi Laning, Pusat Perbukuan Depdiknas
  • Buku sosiologi kelas X, Janu Murdiyatmoko, Grafindo Media Pratama
  • Buku sosiologi yang relevan
VI. Penilaian

1. Penilaian Proses Belajar

Pengamatan aktifitas di kelas

2. Penilaian Hasil Belajar

Tes lisan (soal terlampir)









Mengetahui,                                                  Kotagajah, 12 Juli 2010

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah                 Guru Mata Pelajaran







Drs. SYATBI TAHMID, MM.                 SUKHAMDIYAH, S.Pd

NIP. 19581201 198403 1 012                 NIP. 19541208 197903 2 004




 

1 komentar:

pakdhe abdan mengatakan...

pak rpp ini, sudah saya edit tetapi tetap gak bisa rapi

Poskan Komentar

 

human`s collection

Loading...